Rabu, 22 Juni 2011

Cara Optimasi SEO Blogspot

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtsN6u-Q_z5AFfIIssO8Ol2Afj6dUotldKiQZhkSiSPQH1pQS_YmqrMUB_wLFI9OVrWy66XwrIssct92KuMf3h3mJr8rDca89DUu2fKgIt6umnfIRCXsv93J80tiplBNDn7iosjYASWtY/s1600/Blogspot+Memasang+ALT+Image+Di+Blogspot+Optimasi+SEO+Pada+Gambar.jpgCara optimasi SEO Blogspot banyak sekali, mungkin dari kalian semua sudah pernah membaca tentang optimasi SEO Blogspot. Tapi kali ini saya ingin membahas kembali tentang cara optimasi SEO pada Blogspot. Kegunaan Optimasi SEO adalah untuk membuat blog atau Web kita bisa berada teratas pada google. Untuk mengoptimasikan SEO pada Blogspot tidaklah sulit.


Bagi para pemula, mungkin agak sedikit bingung untuk mengoptimasikan SEO. Tapi jika mau belajar dan mencoba, pasti kita akan bisa dengan mudah mempraktekannya. Sering-seringlah browsing untuk menambah wawasan tentang optimasi SEO. Seringlah berjelajah di Google.

Berikut beberapa cara optimasi SEO Blogspot yang mungkin bisa dicoba untuk membuat blog kita SEO Friendly.

1. Optimasi keyword
untuk setiap post blog anda. Blog tidak sama dengan website. Itu sebabnya cara optimasi SEO-nya juga berbeda, meski pada dasarnya ya sama saja. Untuk setiap post di blog, kita bisa menyasar keyword atau kata kunci tertentu yang kita inginkan akan muncul di search engine. Dari keyword yang kita sasar itulah kita mengharap pengunjung akan mengunjungi blog kita. Upayakan keyword yang disasar tidak jauh-jauh amat dari tema blog anda. Misal anda membuat blog berisi artikel tentang kesehatan, ya upayakan anda tidak menyasar keyword tentang gosip artis. Selain itu, kita juga harus memperhatikan meta-tag blog tersebut. Jelasnya ikuti Panduan Memasang Meta-Tag di Blogspot.

2. Optimasi Title-Tag Blog / Judul Halaman Blog.
Ada dua pendapat yang berkembang mengenai judul halaman blog yang baik. Pertama, judul blog sebaiknya pendek saja, toh search engine tidak menampilkan seluruh judul anda kalau kepanjangan. Yang kedua, judul blog bisa panjang, alasannya untuk bertarung di keyword yang pendek sudah semakin susah saking kompetitifnya, lagian kebanyakan pengguna Google juga semakin pinter memilih keyword untuk mencari informasi dengan memperpanjang keywordnya. Ikuti Cara Optimasi Judul Halaman Blogspot untuk info lengkapnya.

3. Tempatkan keyword di paragraf pertama post anda.
Ulang paling tidak 3 sampai 4 kali. Lalu ulangi di tengah dan akhir post. Kalau anda mencermati hasil pencarian Google, anda akan melihat bahwa Google hanya mencuplik sebagian kecil post yang menurutnya mewakili yang anda cari. Jika Google sudah menemukan keyword di paragraf pertama, maka kemungkinan ranking post anda itu akan semakin baik.

4. Manfaatkan fasilitas Readmore.
Silahkan ke apa fungsi Readmore? untuk mendalaminya.

5. Cari backlink sebanyak-banyaknya.
Ikuti Backlink Itu Apa? untuk info lebih dalam. Sebaik-baiknya backlink adalah one way link. Cara paling gampang ya buat blog sebanyak-banyaknya, pasang link ke arah blog utama anda, tapi jangan pasang link ke blog-blog dummy anda itu dari blog utama.

6. Daftar ke Social Bookmark.
Langkah ini juga akan membuat SEO Blog anda semakin baik dimata Google.

7. Memberi cetak-tebal atau cetak-miring pada keyword yang anda sasar.

8. Daftarkan sitemap blog ke Google Webmaster.
Google Webmaster adalah layanan gratis dari Google untuk para webmaster, baik blog maupun website. Jika sitemap blog anda sudah terbaca Google Webmaster, maka sudah pasti post blog anda sudah terindeks oleh Google. Untuk mendaftar ikuti Cara Daftar Sitemap Blog Ke Google Webmaster.

9. Memperbanyak dan memperbaiki link di dalam blog sendiri.

10. Pasang Related Post. 
Related Post atau Posting terkait adalah fasilitas yang akan membuat pengunjung anda melihat posting lain yang masih berkait dengan post yang sedang dibaca pengunjung saat itu. Jika dia mengunjungi juga postingan yang lain, maka blog kita akan mendapat page view yang tinggi. Page View yang tinggi menjadi bukti bahwa pengunjung blog kita tertarik juga membaca post yang lain. Artinya tulisan pada blog tersebut mewakili keinginan para pengunjung. Ikuti Cara Memasang Related Post Pada Blogspot.

11. Melakukan Ping ke situs-situs layanan ping.
Ping ini dimaksudkan untuk memberitahu search engine dan layanan tersebut bahwa ada post baru di blog kita. Baca Daftar Layanan Ping Gratis.

Mudah-mudahan tips diatas bisa bermanfaat buat anda semua, mungkin semua Blogger tidak menggunakan tips diatas, tapi jika anda ingin mencoba, tidak ada salahnya.


Related Post





0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Pilangkenceng Blog