Rabu, 08 Juni 2011

Wisata Pantai di Jawa Timur

Wisata Pantai di jawa timur sangat banyak sekali dan wajib untuk anda datangi, keindahan pantai yang ada di Jawa Timur tidak kalah indahnya dari pulau-pulau yang lain. Tempat wisata pantai di jawa timur ini memiliki ciri khas tersendiri. Meskipun masih banyak pantai yang ada di jawa timur ini yang belum terjamah oleh tangan pemerintah, sehingga banyak wisata pantai yang tidak terurus. Padahal wisata seperti itu bisa menjadi maskot dari kota tersebut dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.
Dibawah ini merupakan tempat-tempat wisata pantai di Jawa Timur yang indah dan eksotik. Mungkin bagi kalian yang berada di sekitar pantai ini sudah biasa dengan tempat wisata ini, tapi bagi orang yang berasal dari luar daerah tersebut pasti keingintahuan mereka terhadap pantai ini sangat besar, sehingga mereka berlomba-lomba untuk mendatangi tempat wisata pantai yang ada di Jawa Timur.

1. Pantai Pasir Putih Situbondo
Anda pasti pernah mendengar Pantai Pasir Putih Situbondo kan??
Pantai pasir putih ini terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Dikenal dengan nama pasir putih karena hamparan pasirnya yang putih. Pasir Putih merupakan salah satu tujuan wisata pantai andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena letaknya yang strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Wisatawan yang ingin menuju ke Bali (dari Surabaya), atau menuju Gunung Bromo (dari Banyuwangi), biasanya mampir untuk beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama yang disuguhkan, terutama menikmati eloknya matahari terbenam (sunset).

Selain digunakan untuk tempat berlibur, pantai ini juga sering digunakan untuk bermacam olahraga seperti berenang, menyelam, maupun berselancar dapat dilakuan di pantai ini.
Jika enggan berenang, pengunjung dapat menaiki perahu untuk berlayar dan menikmati pemandangan bawah laut. Beragam hiburan seperti konser musik dan bermacam lomba seperti lomba selancar, memancing, dan lomba perahu nelayan tradisional sering diadakan untuk memuaskan para wisatawan.
Untuk mendatangi tempat tidak sulit bagi para wisatawan, karena posisinya di pinggir jalan utama Surabaya-Banyuwangi.
Arena wisata pantai ini berjarak + 174 km dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus (angkutan umum) dari terminal Bungurasih, Surabaya. Dari arah Situbondo, Pasir Putih berjarak + 21 km atau setengah jam perjalanan dari Kota Situbondo. Dari Ibu Kota Kabupaten ini, perjalanan menuju Pasir Putih dapat ditempuh dengan angkutan umum sepert bus dan minibus.

2. Wisata Pantai Lombang, Sumeneb Madura
Untuk penduduk Sumeneb Madura pasti sudah tidak asing lagi dengan pantai Lombang. Karena ditempat ini terdapat pantai yang sangat indah, karena dihiasi gugusan pohon cemara udang yang berada di tepiannya. Itulah pantai Lombang (dalam pelafalan orang Madura disebut `lombheng`), terletak sekitar 30 kilometer di timur Pusat Kota Sumenep.

Pantai yang boleh jadi paling banyak dikunjungi wisatawan di seluruh Pulau Madura ini mulai menjadi obyek wisata favorit sejak sekitar tahun 2000 lalu, ditandai dengan kunjungan pertama para turis mancanegara ke pantai ini. Beberapa agen perjalanan yang membawa turis dari Jakarta menuju Bali biasanya juga menawarkan kunjungan beberapa hari ke pantai ini. Selain turis mancanegara, tentu saja Pantai Lombang juga menjadi lokasi yang sangat diminati oleh turis domestik, baik masyarakat Madura sendiri maupun wisatawan lokal yang datang dari Surabaya dan sekitarnya.

Kelebihan dan keistimewaan pantai ini adalah memiliki hamparan pasir putih sepanjang 12 kilometer.
Berbeda dengan pantai lainnya yang umumnya dihiasi oleh pepohonan kelapa, di pantai ini wisatawan dapat melihat deretan pohon-pohon cemara udang. Tinggi pepohonan tersebut sekitar 4 meter di atas tanah, namun tidak dalam kondisi tegak, melainkan agak membungkuk sehingga nampak seperti udang. Di tengah kondisi cuaca di Pulau Madura yang terkenal panas, berlindung di bawah rerimbunan daun pohon cemara ini dapat sedikit menghela cuaca panas tersebut.

Akan tetapi, jika memang ingin berjemur, hamparan pasir putih di Pantai Lombang sangat cocok untuk aktivitas tersebut. Di pasir putih ini, wisatawan juga dapat melihat bola-bola pasir kecil yang terbentuk dari galian kepiting-kepiting mini. Kepiting-kepiting tersebut cukup banyak di pantai ini, namun tidak membahayakan karena mereka biasanya akan lari atau berlindung di dalam pasir jika ada orang menghampirinya. Apabila berkunjung bersama keluarga, tak ada salahnya untuk mengajak anak-anak bermain pasir membentuk pola atau bidang tetentu. Kondisi pantai yang masih bersih dengan ombak yang relatif kecil membuat pantai ini juga cocok untuk lokasi berenang, snorkeling, atau olahraga air lainnya. Wisatawan yang belum mahir berenang, atau masih di bawah umur, dapat menyewa peralatan renang seperti ban pelampung di sekitar pantai ini. Selain menikmati `fasilitas biasa`, wisatawan yang tak keberatan membayar uang lebih mahal dapat menikmati fasilitas yang lebih memadai seperti pelayanan yang diberikan kepada wisatawan asing. Fasilitas tersebut tak hanya berupa kunjungan untuk menikmati pesona alam Pantai Lombang, melainkan juga berbagai seni pertunjukan masyarakat setempat, menikmati pesta bakar ikan di malam hari, serta memperoleh fasilitas penginapan yang unik. Penginapan ini merupakan pondok-pondok di pinggir pantai dengan bahan dasar kayu, memakai dinding rotan, beratapkan ranting dan daun pohon cemara, serta berlantaikan pasir pantai. Selain nampak natural, pondok inap tersebut juga dilengkapi dengan ukiran dan perabot khas Madura sehingga nampak lebih eksotis.
Untuk menuju ke pantai Lombang, anda dapat memanfaatkan angkutan umum, persewaan mobil, atau menyewa ojek karena dapat ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan. Bila Anda berdomisili di luar Pulau Madura, Anda dapat menyeberang melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Kamal, Bangkalan Madura dengan kapal ferry. Dari Bangkalan, Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Kota Sumenep.


3. Wisata Bahari Lamongan
Terletak di pesisir utara Pantai Jawa, tepatnya di kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan – Jawa Timur, Wisata Bahari Lamongan (WBL) menawarkan oase tersendiri bagi wisatawan. Berdiri sejak tahun 2004 sebagai hasil pengembangan objek wisata yang telah ada sebelumnya, yaitu Pantai Tanjung Kodok.

Memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata dalam areal seluas 11 hektare, WBL siap memanjakan pengunjung dengan konsep one stop service mulai jam 08.30-16.30 WIB setiap harinya. Didukung pula dengan hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya.

Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung seperti Pasar Hidangan, Pasar Wisata, Pasar Buah dan Ikan serta fasilitas umum lain seperti Mushola, Klinik, ATM, Tempat Menyusui Ibu & Bayi, Toilet, Tempat Parkir dan lain sebagainya.
Terhubung dengan Tanjung Kodok Beach Resort dan Maharani Zoo & Goa, menjadikan perjalanan wisata anda semakin nyaman dan berkesan. 

4. Klayar, Pacitan
Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Pantai Ini berada sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan. Pantai Klayar dapat di capai sekitar 60 menit dari kota pacitan.

di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai lain yang berada di pacitan.

Pantai berpasir putih ini memiliki keistimewaan di antara celah karang dan deburan ombak yang melambai yang bisa berbunyi seperti seruling laut . Memiliki pasir putih dan air berwarna biru yang menyenangkan untuk dikunjungi dan di nikmati. Di samping itu juga ada air mancur alam .
Air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga. ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang oleh masyarakat sekitar diyakini memiliki kualitas khusus sebagai obat awet muda.





Dan masih banyak lagi pantai-pantai indah yang berada di Jawa Timur, meskipun saya sendiri belum pernah mendatangi satu-persatu tempat tersebut, tapi saya yakin kalau anda berkunjung ke pantai tersebut pasti akan terpesona dengan keindahanya. Jadi, tunggu apa lagi, karena cocok sekali untuk tempat liburan bagi keluarga.


Related Post





0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Pilangkenceng Blog