Selasa, 08 Maret 2011

Tentang Seo

Sayangi teman-teman anda lebih dekat,
tapi sayangi musuh anda lebih dekat lagi
Mario Teguh, The Golden Ways

Coba perhatikan line kalimat yang aku kutip dari Mario Teguh diatas? Awalnya penasaran kenapa orang yang memusuhi (dan kadang membenci) kita harus disayangi lebih dekat daripada teman sendiri. Secara bijak Mario Teguh menjelaskan karena musuh itu selalu mencari-cari kesalahan dan kelemahan kita, jadi dari situ kita mendapatkan pencerahan hal apa saja yang perlu kita benahi dalam diri kita. Lagipula Aa' Gym juga pernah berujar orang yang benci kita itu hakikatnya selalu memikirkan kita, makanya perlu kita balas dengan kebaikan bukan dengan kejahatan.

Lalu, hubungannya dengan Search Engine Optimization (SEO) apa? mungkin banyak yang berfikir kalau semua itu tidak ada hubungannya. mesti tidak signifikan dan banyak karena ini cuma pemikiran kecilku saja. Kalau bahasa Inggrisnya from my humble opinion. Secara umum setiap blogger yang berkecimpung di ranah money blogging atau yang pengen terkenal sepertiku ini, mementingkan popularitas blog yang dimilikinya. Mulai dari Alexa hingga PageRank, berawal dari Digg hingga Technorati, dan umumnya berawal dari Google Adsense sampai pada Paid To Review.


Sehingga dalam hal ini peranan SEO sangat mutlak untuk dipelajari. Sayangnya ilmu SEO ini tidaklah murah, beberapa ahli menjadikannya sangat ekslusif, hingga butuh waktu lama untuk blogger pemula memahaminya. Kalaupun ada tersebar di artikel-artikel internet, kebanyakan berasal dari satu sumber yang sama hanya untuk 'teori nembak keyword' dan berharap akan bergulir secara viral demi menuai traffic tinggi.

Jujur sih aku belum bisa juga ilmu SEO ini, tapi dari hasil searching dan baca-baca akhirnya menemukan juga, meski masih dasar. Antara lain yang umum disebarkan di internet antara lain:

1. title blog niche
2. robot.txt
3. link to many blogs (link bait)
4. join in many directory
5. spred link by comment
6. follow & unfollow
7. attribute picture
8. keywords research

Namun, sesungguhnya ini pun masih sangat kurang. Coba saja lakukan pasti hasilnya akan lama sekali. SEO itu luas banget, tidak hanya teknik-teknik diatas saja untuk melakukannya. Tapi ternyata dibutuhkan lebih banyak perencanaan dan kerja keras. Tadi malam saya malah menemukan banyak sekali masukan dari web-web yang khusus membahas SEO dan tidak terlalu suka bila SEO itu terlalu ekslusif. Dan bagaimana langkah-langkah untuk memulainya, sungguh sebuah pekerjaan dengan penuh kerja keras.

Lazimnya seorang yang ingin menang, biasanya dia akan percaya dengan dirinya sendiri. Padahal untuk menjadi hebat di dunia internet mustahil tanpa bantuan orang lain. Buktinya kita tidak akan tahu ilmu SEO ini kalau tidak ada blogger baik yang membagi-bagikan ilmunya, meski tidak semuanya. Dan kadangkala kita hanya berlomba menumpuk pengetahuan dari weblog yang kita sukai saja, padahal seperti kata Mario Teguh diawal tulisan, pesaing-pesaing kita itu juga bisa kita pelajari cara (behaviour) nge-blog-nya. Tidak usah malu meniru dan mencari inspirasi daripadanya. Yang dilarang itu adalah menjiplak habis karya orang lain. Ide boleh sama, tapi penempatan, produk dan pengemasan tidakah bisa sama antara otak yang satu dengan lainnya.

Related Post





0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Pilangkenceng Blog